-->
Bentuk Dan Sistem Pemerintahan Republik Zimbabwe (Demonkila)

Bentuk Dan Sistem Pemerintahan Republik Zimbabwe (Demonkila)

zim.gif
(Bendera Republik Zimbabwe)

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Tugas Mandiri
Nama Mahasiswa : Zuhri Agustian
NPM : 1516031051


peta-zimbabwe-demonkila.jpg
(Peta Negara Republik Zimbabwe)


Republik Zimbabweadalah sebuah negara di Afrika bagian selatan. Negara yang terkurung daratan ini berbatasan dengan Afrika Selatan di sebelah selatan, Botswana di barat, Zambia di utara dan Mozambik di timur.

Ada dua teori tentang asal usul kata "Zimbabwe": Berbagai sumber berpendapat bahwa kata tersebut berasal dari "mabwe dzimba--dza", diterjemahkan dari Karanga dialek Shona sebagai "rumah besar dari batu" (dzimba = jamak dari imba, "rumah"; mabwe = jamak dari BWE, "batu"). Arkeolog Peter Garlake mengklaim bahwa "Zimbabwe" adalah bentuk dikontrak dzimba-Hwe yang berarti "rumah dihormati" dalam dialek Zezuru dari Shona, dan biasanya diterapkan untuk rumah kepala suku.

Zimbabwe adalah sebuah negara tanpa lautan, dikelilingi oleh Afrika Selatan di selatan, Botswana di barat, Zambia di barat daya, dan Mozambique di timur dan timur laut. Inyangani adalah gunung tertinggi di Zimbabwe dengan ketinggian 2.592 meter. Perbatasan barat-laut ditandai oleh Sungai Zambezi. Air terjun Victoria adalah tujuan turis populer di Zambezi. Di selatan, Zimbabwe dipisahkan dengan Afrika Selatan oleh Sungai Limpopo. Zimbabwe juga berbatasan dengan Namibia di barat melalui sebuah jalur sempit

Bentuk Negara: Kesatuan

   Negara kesatuan adalah negara berdaulat yang diselenggarakan sebagai satu kesatuan tunggal, di mana pemerintah pusat adalah yang tertinggi dan satuan-satuan subnasionalnya hanya menjalankan kekuasaan-kekuasaan yang dipilih oleh pemerintah pusat untuk didelegasikan. Bentuk pemerintahan kesatuan diterapkan oleh banyak negara di dunia.



Sistem pemerintahan: Presidensial

   Sistem presidensial(presidensiil), atau disebut juga dengan sistem kongresional, merupakan sistem pemerintahan negara republik di mana kekuasan eksekutif dipilih melalui pemilu dan terpisah dengan kekuasan legislatif.

Untuk disebut sebagai sistem presidensial, bentuk pemerintahan ini harus memiliki tiga unsur yaitu:

  • Presiden yang dipilih rakyat
  • Presiden secara bersamaan menjabat sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan dan dalam jabatannya ini mengangkat pejabat-pejabat pemerintahan yang terkait.
  • Presiden harus dijamin memiliki kewenangan legislatif oleh UUD atau konstitusi.

Dalam sistem presidensial, presiden memiliki posisi yang relatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan karena rendah subjektif seperti rendahnya dukungan politik. Namun masih ada mekanisme untuk mengontrol presiden. Jika presiden melakukan pelanggaran konstitusi, pengkhianatan terhadap negara, dan terlibat masalah kriminal, posisi presiden bisa dijatuhkan. Bila ia diberhentikan karena pelanggaran-pelanggaran tertentu, biasanya seorang wakil presiden akan menggantikan posisinya.

Latar Belakang Kenapa Negara Republik zimbabwe Berbentuk Kesatuan Dan Mempunyai Sistem Pemerintahan Presidensial

* Zimbabwe adalah salah satu negara terkemuka di benua afrika. Dahulu, Zimbabwe dikenal sebagai Rhodesia Selatan. Nama ini kemudian berubah menjadi Rhodesia diikuti oleh Zimbabwe Rhodesia. Sekarang, negara ini dikenal sebagai Republik Zimbabwe. Negara Arab dan Portugal adalah  beberapa mitra dagang Zimbabwe sejak zaman dahulu. Zimbabwe dieksplorasi oleh penjelajah David Livingstone. Dahulu, Zimbabwe termasuk dalam koloni kerajaan Inggris dengan nama Rhodesia Selatan yang dikelola oleh British South Africa Company.  Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tanggal 18 April 1980 dengan Robert Mugabe sebagai presiden pertama. Itualah kenapa zimbabwe berbentuk negara kesatuan.


* Awalnya, Zimbabwe memiliki pemerintahan semi-presidensial. Pada tahun 1987, Mugabe merevisi konstitusi sehingga menghapuskan pos perdana menteri dan membuat sistem pemerintahan berubah menjadi presidensial.

Dalam keberjalanannya, timbul berbagai pemberontakan terhadap kekuasaan pemerintah akibat kecurigaan terjadi kecurangan dalam pemilu.

Itulah mengapa sekarang republik zimbabwe menggunakan sistem pemerintahan presidensial.


Analisa Mahasiswa

*Setalah saya analisis dengan seksama maka saya menyimpulkan bahwa sistem yang dimiliki negara republik zimbabwe ini sangatlah efektif, dimana masyarakat modern ini lebih menyukai negara yang bersistem presidensial, dimana masyarakat bisa memilih calon presiden yang dilakukan melalu pemilihan umum. Jadi sangat efektiv sekali menggunakan sistem tersebut dizaman modren ini.

Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Zimbabwe

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_presidensial

https://www.academia.edu/10124469/SEJARAH_SINGKAT_REPUBLIK_ZIMBABWE

http://www.amazine.co/21996/11-fakta-informasi-penting-tentang-zimbabwe/

http://www.kitapunya.net/2015/10/contoh-negara-kesatuan-dan-negara-serikat-federasi.html


Terimakasih, saya ucapkan kepada kalian semua yang telah membaca article yang tealah saya buat ini, mohon maaf atas segala kekurangannya, dan pada Allah saya mohon ampun.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





#Demonkila
#Rate & Follow Us
#Fisip_Unila
#Ilmukomunikasi15



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bentuk Dan Sistem Pemerintahan Republik Zimbabwe (Demonkila)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel